Kerusakan Moral Bangsa

Berbicara tentang kerusakan moral terlalu normatif apabila berfikir tentang ketidak baikan perbuatan atau berwujud sebagai perbuatan yang menyimpang,  pada dekade ini kita sangat sering disuguhkan dengan berita-berita yang menceritakan betapa besarnya permasalahan moral yang dihadapi bangsa ini, tetapi yang paling mengharukan lagi tentang kegagalan negara dalam melakukan kontrol sosial kepada masyarakat, 

kita sedang menghadapi ancaman yang lebih besar.

degradasi moral tengah terjadi mengiringi terkikisnya nilai-nilai luhur sebuah bangsa berperadaban. Agama mulai ditinggalkan, atau sekedar dijadikan ritual keseharian tanpa perlu lagi merasa butuh mengimplementasikan agama dalam segala aspek kehidupan.

manusia mengedepankan rasio, menganaktirikan nurani sebagai pengendali “liarnya” akal. manusia berspekulasi, menganggap ilmu pengetahuan sebagai tuhan. menjadikan materialisme sebagai jalan hidup yang seolah menjanjikan kesejahteraan hidup.

orang-orang mengagungkan kebebasan. seni adalah bebas, bebas adalah hak.  tanpa peduli lagi bahwa sejatinya kebebasan tetap memiliki batas. bebas disalah artikan sebagai keleluasaan berekspresi tanpa perli peduli letak moral dan etika.

manusia diperdaya akal. manusia mengartikan bangsa beradab sebagai bangsa yang maju teknologinya. bebas masyarakatnya, bebas pemikirannya, sanggih ipteknya. tapi mana moralnya?kesadaran sebagai bentuk eksistensi makhluk berakal tengah terancam.

ancaman kerusakan lingkungan memang mengancam eksistensi manusia untuk hidup sehat di bumi. tapi, ada ancaman yang lebih berbahaya lagi…we live in a dangerous world!!.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s